Dimensi Masalah Sosial

Teori masalah sosial yang dijelaskan oleh Sosiologi menjadi konsep dasar bagi intervensi kesejahteraan sosial
Teori masalah sosial yang dijelaskan oleh Sosiologi menjadi konsep dasar bagi intervensi kesejahteraan sosial

Dalam dinamika masyarakat, manusia selalu memiliki kecenderungan untuk berkembang. Perkembangan-perkembangan yang terjadi menimbulkan perubahan sosial masyarakat yang memicu terjadinya masalah sosial. Menurut Adam Jamrozik dan Luisa Nocella, istilah Masalah Sosial (Social Problem) berlaku dimana kondisi sosial, proses, pengaturan sosial atau sikap yang umumnya dianggap tidak lagi diinginkan oleh masyarakat, bersifat negatif, dan mengancam nilai-nilai atau kepentingan tertentu seperti kohesi sosial, hukum dan ketertiban[1]. Masalah-masalah sosial juga disebabkan kondisi sosial yang merugikan setiap segmen dari populasi. Masalah-masalah sosial juga terkait dengan tindakan dan kondisi yang melanggar norma-norma dan nilai-nilai yang ada di masyarakat [2]. Salah satu faktor penyebab munculnya masalah sosial adalah pemenuhan akan kebutuhan hidup (Etzioni, 1976).

Sedangkan Blumer (1971) dan Thompson (1988) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan masalah sosial adalah suatu kondisi yang dirumuskan atau dinyatakan oleh suatu entitas yang berpengaruh yang mengancam nilai-nilai suatu masyarakat sehingga berdampak kepada sebagian besar anggota masyarakat dan kondisi itu diharapkan dapat diatasi melalui kegiatan bersama. Entitas tersebut dapat merupakan pembicaraan umum atau menjadi topik ulasan di media massa, seperti televisi, internet, radio dan surat kabar [3].

Sebagai contoh yaitu kemiskinan. Sering kali kemiskinan menjadi akar permasalahan sosial yang ada di masyarakat misalnya kejahatan, penelantaran anak, fakir gelandangan dan lain sebagainya. Karena kebutuhan hidup tidak terpenuhi dengan maksimal, beberapa disfungsi sosial yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang ada seperti itu muncul, sehingga oleh Merton dikatakan dapat mengganggu stabilitas masyarakat.

Sebagai upaya mengatasi masalah sosial yang ada, Sosiologi membantu dengan teori pendekatannya. Dengan pendekatan fungsional-stuktural, masyarakat dikatakan sebagai unsur-unsur yang saling terikat dalam suatu pola keteraturan tertentu. Masyarakat membantu satu sama lain dan mempunyai fungsi masing-masing. Contohnya masalah kemiskinan yang dipicu oleh disfungsional struktur yang ada sehingga unsur yang satu terpengaruh dengan satu lainnya. Secara umum, prespektif struktural fungsional selalu mengacu pada keteraturan sosial.

Kemudian dalam pendekatan konflik sosial, masyarakat merupakan lahan dimana konflik-konflik sosial itu muncul yang lebih dikarenakan kompleksitas kelas sosial yang ada. Kelas sosial seperti kelas ekonomi atas dan bawah misalnya, dapat memicu adanya konflik baik fisik maupun psikologis yang dapat memicu adanya konflik-konflik lain yang saling berhubungan. Hal ini mengacu ke arah makro. Sedangkan pendekatan interaksisme simbolik yaitu realitas sosialdari interaksi antar individu dan kelompok dalam masyarakat yang dibangun terus menerus. Realitas sosial dibentuk oleh interaksi antar individu yang menyebabkan setiap individu mampu mendefinisikan situasi, menginterpretasi dan menegosiasi dengan lawan interaksinya. Prespektif interaksionisme simbolik lebih kearah mikro.

Contoh lain yaitu teori labeling dalam sosiologi yang mengidentifikasikan suatu masalah sosial pada individu dengan menciptakan dan mempertahankan penyimpangan melalui pelabelan kepada orang tertentu sebagai reaksi normal sosial yang dipandang sebagai kunci dalam menentukan apa masalah sosial dan siapa yang menyimpang” (Eitzen et al. 2009:7). Sehingga dapat disimpulkan bahwa teori-teori yang ada dalam sosiologi digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat sebagai upaya untuk mencapai keteraturan sosial.


[1] Adam Jamrozik, 2000. The Sociology of Social Problems. London: Cambridge University Press

One Comment Add yours

  1. Lashaunda says:

    You need targeted traffic to your website so why not try some for free? There is a VERY POWERFUL and POPULAR company out there who now lets you try their traffic for 7 days free of charge. I am so glad they opened their traffic system back up to the public! Check it out here: http://voxseo.com/traffic/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s